Kompas.com - 18/11/2013, 14:46 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencanangkan tiga pilar utama untuk memastikan pemahaman masyarakat akan produk dan layanan jasa keuangan.

Anggota Dewan Komisioner OJK Kusumaningtuti S. Soetiono menjelaskan, pada dasarnya program literasi adalah program untuk mengangkat masyarakat yang kurang paham (literate) seputar jasa keuangan menjadi paham seputar jasa keuangan.

"Program literasi adalah program yang mengangkat masyarakat yang tadinya not atau less literate dengan program pilar 1, 2, dan 3 dan bekerjasama dengan stakeholder sehingga akan menuju masyarakat yang literate dan cerdas dalam mengelola dan rapi dalam merencanakan keuangan," kata Kusumaningtuti di Gedung OJK, Senin (18/11/2013).

Pilar pertama adalah mengedepankan program edukasi dan kampanye nasional literasi keuangan. Kampanye edukasi keuangan, jelas Kusumaningtuti, dilakukan terhadap enam klaster penduduk dengan lima tingkatan pendapatan.

Pilar kedua adalah penguatan infrastruktur literasi keuangan. Pilar ini dilakukan dengan menyelenggarakan survei untuk mengetahui tingkat literasi dan utilitas masyarakat, kerjasama melalui MoU, mini website berisi karakteristik produk keuangan, dan mobil edukasi untuk melayani masyarakat terpencil.

Adapun pilar ketiga adalah pengembangan produk dan layanan jasa keuangan yang terjangkau.

"Perencanaan sangat penting dengan dimulai menyelenggarakan survei yang dimulai di triwulan dua dan sudah selesai untuk memperoleh gambaran tingkat literasi keuangn dan utilitas masyarakat terhadap produk-produk lembaga keuangan. Dari hasil itu diprogramkan dan diikuti dengan langkah inisiatif untuk memperbaiki tingkat literasi dan utilitas dengan program jangka menengah hingga 2017," kata Kusumaningtuti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Besok, Selasa (19/11/2013) Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan program Strategi Nasional Literasi Keuangan. Program ini ditujukan untuk memperluas akses informasi dan akses kepemilikan serta pemahaman masyarakat akan produk dan layanan yang ditawarkan lembaga jasa keuangan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.