Kompas.com - 19/11/2013, 08:03 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

CHICAGO, KOMPAS.com — Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Senin (18/11/2013) waktu setempat (Selasa pagi WIB) karena para pejabat Federal Reserve AS menunjukkan kemungkinan bahwa bank sentral akan segera mulai mengurangi program pembelian obligasinya.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun 15,1 dollar AS, atau 1,17 persen, menjadi menetap di 1.272,3 dollar AS per ounce. Emas berjangka mengalami penurunan terbesar dalam seminggu karena reli ekuitas global memangkas permintaan untuk logam mulia sebagai alternatif investasi.

Analis pasar mengatakan, para investor mengkhawatirkan tentang jadwal Fed untuk mengurangi stimulusnya karena Charles Plosser, ketua Fed Philadelphia, mengatakan pada Senin bahwa The Fed sebaiknya mengakhiri program pembelian aset bulanannya senilai 85 miliar dollar AS.

Sementara itu, William Dudley, ketua Federal Reserve New York, mengatakan, ia menjadi "lebih penuh harapan" tentang ekonomi AS, dan pertumbuhan lesu bisa memberi jalan pada pertumbuhan yang lebih kuat selama dua tahun ke depan.

Sebuah penarikan pelonggaran kuantitatif bisa memberikan dukungan untuk dollar AS, yang pada gilirannya dapat menekan harga emas dalam mata uang dollar. Beberapa investor kehilangan kepercayaan pada logam sebagai penyimpan nilai di tengah reli ekuitas dan inflasi rendah AS, kata para analis.

Perak untuk pengiriman Desember turun 37 sen, atau 1,79 persen, menjadi ditutup pada 20,357 dollar AS per ounce.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.