Bangun Kilang Minyak, Pemerintah Siapkan Rp 90 Triliun

Kompas.com - 19/11/2013, 16:48 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 90 triliun untuk membangun kilang minyak.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Edi Hermantoro menjelaskan, kilang minyak tersebut diharapkan bisa mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM) dan menambah pasokan dalam negeri.

"Pembangunan kilang pengolahan minyak mentah menjadi BBM, dengan kapasitas 300.000 barrel per hari," ujarnya, Selasa (19/11/2013).

Edy menjelaskan, pembiayaan pembangunan kilang minyak diambil dari  anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Dalam pelaksanaannya, anggaran memakai mekanisme tahun jamak atau multiyears.

Untuk tahap awal, pemerintah sudah melakukan studi kelayakan untuk pembangunan kilang dan masih berlangsung. Studi tersebut dijalankan oleh PT Pertamina.

"Pemerintah menganggarkan Rp 250 miliar dari APBN 2013 untuk membiayai studi kelayakan," ungkap Edy. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.