Kompas.com - 19/11/2013, 17:00 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha Bank Dunia, International Finance Corporation (IFC) menandatangani kesepakatan investasi dengan PT Bank Danamon Tbk senilai 75 juta dollar AS guna mendukung pertumbuhan sektor UKM di Indonesia.

Investasi ini akan membiayai pinjaman dan membantu penciptaan peluang usaha bagi UKM di Indonesia, yang selama ini terkendala dalam akses mendapatkan layanan keuangan.

Investasi IFC pada Danamon ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya lembaga keuangan itu memberikan pinjaman pembiayaan UKM sebesar 150 juta dollar AS pada tahun 2006.

"Kami merasa sangat yakim bahwa kemitraan jangka panjang ini membuktikan bagaimana Danamon dan IFC memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Direktur Utama Danamon Henry Ho di Menara Danamon, Selasa (19/11/2013).

Pada kesempatan yang sama, Country Manager IFC untuk Indonesia Sarvesh Suri menyatakan pinjaman bagi sektor UKM memainkan peranan penting dalam pengentasan kemiskinan. Danamon, menurutnya, memiliki jangkauan signifikan pada sektor UKM dan investasi pihaknya akan mendukung petkembangan UKM di Indonesia secara lebih jauh lagi.

Lebih lanjut, investasi ini dipandang sejalan dengan strategi IFC di Indonesia untuk memperkuat kemampuan lembaga keuangan untuk melayani UKM dengan lebih baik lagi. Selain itu, lapangan kerja pun dapat ditingkatkan dan menjawab beragam tuntutan yang belum dipenuhi.

"Kami sangat bangga atas kemitraan strategis dengan IFC ini dan kami yakin bahwa sektor UKM di Indonesia akan memperoleh manfaat dari peningkatan akses terhadap layanan keuangan," kata Direktur Treasury, Capital Markets, Financial Institutions and Transaction Banking Danamon Danamon, Pradip Chadva dalam kesempatan sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.