Kompas.com - 20/11/2013, 07:55 WIB
Gedung Bank Indonesia KOMPAS/WISNU WIDIANTOROGedung Bank Indonesia
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah sentimen positif memberi kesempatan dan ruang gerak penguatan rupiah dalam jangka pendek. Likuiditas dollar AS yang cukup baik diperkirakan juga berimbas positif bagi kenaikan IHSG.

Riset Monex Investindo Futures menulis kebijakan moneter di Amerika Serikat kemungkinan akan tetap longgar untuk sementara. Kebijakan longgar diperkirakan bahkan tetap akan diterapkan The Fed sekalipun target angka pengangguran maupun inflasi telah tercapai merujuk pernyataan Wakil Gubernur The Fed Janet Yellen.

Saat merespons pertanyaan dari senator Demokrat dari negara bagian Massachussetts, Elizabeth Warren, Yellen mengatakan bahwa batasan tingkat pengangguran bukan pemicu langkah baru. Warren menanyakan dampak penurunan angka pengangguran pada kebijakan moneter dan perekonomian Amerika.

Sentimen positif masih terlihat menaungi rupiah, bila merujuk tren penguatan pada kurs non-deliverable forward (NDF) 1 bulan. Namun, kata riset Samuel Sekuritas Indonesia, demi memperbaiki neraca transaksi berjalan yang masih defisit Bank Indonesia diperkirakan akan menjaga penguatan rupiah pun tak terlalu drastis, sehingga ada selisih positif terhadap kurs NDF 1 bulan.

"Hal itu menandakan kondisi likuiditas dollar AS yang cukup baik, yang biasanya memberikan sentimen positif pada IHSG," tulis riset tersebut. Mata uang rupiah pada perdagangan Selasa (19/11/2013) terapresiasi ke lebel Rp 11.599 per dollar AS di pasar spot. Sementara di kurs tengah Bank Indonesia, rupiah menguat tipis 18 poin ke level Rp 11.609 per dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.