Bayar Utang, Bumi Resurces Pilih Rights Issue atau "Private Placement"?

Kompas.com - 20/11/2013, 19:20 WIB
Ilustrasi: tambang batubara KOMPAS/M SUPRIHADIIlustrasi: tambang batubara
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bumi Resources Tbk akan menerbitkan saham baru senilai 150 juta dollar AS. Dana ini akan digunakan untuk menyelesaikan utang kepada Country Forest Limited (CFL) yang merupakan anak usaha China Investment Corporation (CIC).

Eddie J Sobari, Direktur Internal Audit BUMI mengatakan, total saham yang dilepas sekitar 10 persen-15 persen. "Nilainya bisa 150 juta dollar AS bisa lebih," ujarnya, Rabu (20/11/2013).

Dileep Srivastava, Direktur dan Sekretaris Perusahaan BUMI menambahkan, mekanisme penerbitan saham itu bisa melalui rights issue atau private placement.

Pada penjelasan sebelumnya, mekanisme yang akan diambil perseroan adalah rights issue. CIC dan afiliasinya akan menjadi standby buyer. Namun, jika rights issue, maka peluang CIC memiliki saham BUMI menjadi tidak pasti.

Pasalnya, jika para pemegang saham lama mengeksekusi haknya, maka CIC tidak akan memiliki saham BUMI. "Saya tidak bilang rights issue, tetapi penerbitan saham, jadi bisa rights issue bisa non pre-emptive," tutur Dileep.

Pengumuman resmi akan disampaikan pada 5 Desember 2013 mendatang. Adapun rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) rencananya digelar 20 Desember 2013.

Asal tahu saja, hingga saat ini, BUMI belum menyampaikan proposal mengenai rencana ini ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Apakah rencana ini akan terlaksana sesuai jadwal? Silahkan tunggu. (Amailia Putri Hasniawati)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Kontan
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.