Pengoperasian Jalan Tol Ungaran-Bawen Jawa Tengah Tertunda

Kompas.com - 20/11/2013, 20:39 WIB
Ilustrasi pembangunan jalan tol KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASAIlustrasi pembangunan jalan tol
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengoperasian jalan tol Ungaran-Bawen, Jawa Tengah yang direncanakan pada akhir tahun ini tampaknya bakal meleset. Pasalnya pada proses konstruksi akhir yang berlangsung saat ini ditemukan masalah.

Kepala Badan Pengelola Jalan Tol, Achmad Gani Ghazaly mengungkapkan ada permasalahan dalam Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di daerah Bawen. "Terdapat longsoran dekat SUTT itu, sekarang sedang diperbaiki dengan dipasangkan bor pile," katanya, Rabu (20/11).

Gani mengatakan jika pengerjaan diteruskan, tiang SUTT ini akan jatuh karena longsoran akan semakin besar. Untuk itu, pemasangan bor pile dilakukan untuk menjaga kondisi tanah sambil menunggu alternatif dari pihak PLN.

Ia menyatakan ada alternatif memindahkan tower tersebut ke tempat yang lebih aman bagi tol yang merupakan bagian dari tol Trans Jawa ruas Semarang-Solo ini.

Gani menambahkan bahwa longsoran ini sendiri terjadi pada awal bulan ini. Padahal, menurutnya pengerjaan konstruksi jalan tol ini hanya tinggal menyisakan 100-200 meter lagi.

Sekedar informasi, ruas Ungaran Bawen sendiri memiliki panjang 11,9 kilometer (km) dan merupakan bagian dari tol Semarang-Solo sepanjang 72,64 km yang secara keseluruhan memakan biaya investasi hingga Rp 6,21 triliun.

Ruas tol ini menjadi satu dari tiga ruas tol milik PT Jasa Marga yang akan beroperasi akhir medio 2013. Selain tol Ungaran-Bawen, Jasa Marga telah mengoperasikan ruas tol Mandara di Bali dan juga membuka ruas tol JORR W2 Kebon Jeruk-Ciledug Raya. (Fahriyadi)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.