Kompas.com - 21/11/2013, 19:21 WIB
Ilustrasi pelaku usaha UMKM Alsadad RudiIlustrasi pelaku usaha UMKM
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia kembali menjalin kerjasama dengan Belanda, untuk menguatkan hubungan dagang. Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak mengatakan, kerjasama yang kedua kali ini akan berlangsung selama tiga tahun dari 2013 hingga 2016.

"Kita atur per tahun itu sekitar 30 pelaku usaha UMKM yang kita berikan coaching programme," kata Nus ditemui usai teken MoU dengan Direktur Deputi CBI, Dick de Man, di Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Penandatanganan kerjasama disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan dan Menteri Perdagangan dan Kerjasama Pembangunan Kerajaan Belanda, Lilianne Ploumen.

Nus mengatakan, pelatih dari Belanda dan negara lain Uni Eropa akan memberikan pembekalan kepada pelaku UKM tentang bagaimana memproduksi produk yang baik, khususnya untuk dipasarkan negara tujuan Eropa.

"Ada tenaga ahli dari Belanda dan dari EU secara regular datang kepada UKM kita yang sebenarnya sudah hampir siap ekspor. Jadi sebenarnya tinggal pembinaan saja," kata Nus.

Adapun sasarannya adalah para pelaku UKM yang menghasilkan produk home textile, home decoration, serta food ingredients.

Nus menambahkan, sebelumnya Belanda juga telah memberikan pelatihan kepada pelaku UKM di Indonesia bagaimana caranya memasuki pasar Uni Eropa. Waktu itu sasarannya adalah pelaku UKM untuk produk tekstil, kerajinan, serta makanan olahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sekarang diarahkan ketigakomoditi lain yang cukup potensial ke Belanda, ke beberapa negara EU, Afrika, dan negara ketiga," pungkasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.