Kompas.com - 25/11/2013, 18:03 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian BUMN menyatakan aset tanah perusahaan milik negara yang ada di Jakarta kurang produktif, karena diduduki orang dan jadi tempat kumuh.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menjelaskan, salah satu BUMN yang memiliki aset properti dan tanah cukup besar adalah PT Pertamina.

"Aset BUMN itu luar biasa besarnya tapi kurang produktif dan bahkan diduduki orang. Plumpang (Jakarta Utara) itu bahaya sekali. Di saa ada depo Pertamina, di kanan-kirinya pemukiman kumuh. Sulit sekali untuk ditata," kata Dahlan, di Jakarta, Senin (25/11/2013).

Untuk itu, lanjut dia, Pertamina berencana melelang siapapun yang bisa membangun perumahan dan membenahi permukiman di sekitar depo.

"Syaratnya harus ada buffer zone entah itu berupa waduk atau apa, agar ada jarak atara pemukiman dengan depo," lanjut dia.

Menurut Dahlan, lantaran hal ini menyangkut BUMN maka, proses lelang dikawal dengan sangat terbuka, mulai dari proses persiapan dokumen. Ia menambahkan bahkan kalau perlu Pertamina menggandeng BPKP dan Kejaksaan Agung agar proses tender lebih transparan.

Ke depan, mekanisme tender seperti ini akan banyak dilakukan oleh BUMN, mengingat banyaknya aset-aset BUMN yang mangkrak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.