Kompas.com - 26/11/2013, 14:00 WIB
Paspor Indonesia Wikipedia.orgPaspor Indonesia
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com —
Direktorat Jenderal Imigrasi menerapkan pembayaran pengurusan paspor melalui PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Sebelumnya, pada Oktober 2013, uji coba pembayaran ini dilakukan melalui BNI di dua kantor imigrasi (kanim), yaitu Kanim Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

"Berdasarkan uji coba tersebut dan penyesuaian-penyesuaian kesisteman pembayaran paspor melalui BNI di kedua kanim, yang didapatkan hasil-hasil positif untuk dapat diterapkan di kanim-kanim lainnya," sebut Direktur Doklanvisfaskim Ditjen Imigrasi Asep Kurnia dalam siaran persnya.

Untuk tahap pertama, mulai Senin (25/11/2013), pembayaran paspor melalui BNI diimplementasikan di 50 kanim. "Ke-50 kanim tersebut terdiri dari 33 kanim kelas I di ibu kota provinsi, 17 kanim di wilayah Jabodetabek serta kanim Cilegon," ujarnya.

Tahap kedua, mulai 9 Desember 2013, pembayaran melalui BNI akan dilaksanakan di 35 kanim, yang kesemuanya terdiri dari kanim kelas II di seluruh Indonesia.

Tahap ketiga, mulai tanggal 16 Desember 2013, pembayaran melalui BNI akan dilaksanakan untuk 30 kanim, baik kanim kelas II yang tersisa maupun kanim kelas III.

"Diharapkan, dengan telah diterapkannya pembayaran melalui BNI ini, terkait dengan fungsi keimigrasian di bidang pelayanan, khususnya pelayanan paspor, (prosesnya) semakin menjadi lebih baik, transparan, dan mengeliminir adanya pungutan-pungutan liar yang mungkin terjadi pada saat pemberian pelayanan," kata Asep.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.