Kompas.com - 27/11/2013, 16:13 WIB
Ilustrasi KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menempuh berbagai upaya untuk mendorong peningkatan jumlah investor dalam negeri Indonesia. Tujuannya adalah supaya pasar modal Tanah Air tak tergantung pada investor asing.

Terkait itu, OJK berencana akan menggelar pameran Investment Gallery di berbagai perguruan tinggi besar di Tanah Air. Dalam rangkaian program itu, OJK juga akan melakukan roadshow, edukasi, dan sosialisasi pasar modal.

"Agar investor domestik meningkat, OJK punya program. Kita tahu pasar modal indonesia tidak bisa lepas dari pasar global," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida pada acara Investor Summit and Capital Market Expo 2013 di Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Lebih lanjut, Nurhaida mengungkapkan, dengan meningkatkan jumlah investor dalam negeri, maka ketergantungan pasar modal Indonesia akan investor asing akan berkurang. Di samping itu, meningkatnya jumlah investor dalam negeri diyakininya dapat mendorong laju perekonomian Indonesia.

"Bayangkan saja, jika kita tidak memiliki investor domestik sedikit saja, lalu ada gejolak ekonomi di global, maka pasar modal kita ikut bergejolak. Oleh sebab itu, kita tetap harus optimis bisa memperbanyak investor domestik," ujarnya.

Terkait regulasi, Nurhaida mengungkapkan OJK telah melakukan beberapa revisi dan pengembangan aturan, agar dapat menjangkau investor dalam negeri secara lebih luas dan berkembang.

"Seperti manajer investasi bisa melakukan pemasaran produk-produknya tidak hanya melalui perbankan saja, akan tetapi pihak-pihak lain yang terkait bisa terlibat. Ini dilakukan agar memiliki jangkauan yang lebih luas. Broker juga perlu punya online trading yang aktif supaya bisa menjangkau masyarakat," kata dia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.