BKPM Optimistis Target Pertumbuhan Investasi 2014 Tercapai

Kompas.com - 04/12/2013, 19:41 WIB
Kantor BKPM Jakarta ptsp.bkpm.go.idKantor BKPM Jakarta
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar menyatakan optimismenya bahwa pertumbuhan investasi tahun 2014 sebesar 15 persen dapat tercapai.

Mahendra mengungkapkan, optimismenya itu didukung perhitungan risiko kondisi ekonomi yang mungkin akan terjadi di Tanah Air tahun depan. Oleh karenanya, ia mengaku tetap yakin pertumbuhan 15 persen atau Rp 450 triliun tersebut dapat terealisasi.

"Saya tetap enggak bergerak dari keyakinan kalau yang pertumbuhan 15 persen saja, itu pasti bisa. Semua faktor sudah diperhitungkan dan dipertimbangkan," kata Mahendra di sela-sela acara HSBC Global Economic Outlook 2014 di Hotel Ritz Carlton, Rabu (4/12/2013).

Lebih lanjut, Mahendra mengatakan, pihaknya akan senantiasa berupaya agar pertumbuhan investasi dapat menembus angka di atas 15 persen. Dampak kenaikan suku bunga Bank Indonesia (BI) pun telah diperhitungkan oleh BKPM.

Implementasi Undang-Undang Mineral dan Batubara (UU Minerba), jelas Mahendra, menjadi salah satu faktor penting bagi Indonesia untuk tetap dilirik oleh investor asing. Dengan diimplementasikannya UU Minerba tersebut, maka butuh investasi yang tak kecil untuk memproses hasil-hasil pertambangan.

"Ada pemrosesan barang tambang yang lalu bergerak pada hasilnya berupa metal dasar, kimia dasar. Itu kan harus diolah lagi," ujar Mahendra.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.