Kompas.com - 04/12/2013, 20:47 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengatakan tahun depan OJK akan hadir dari Sabang sampai Merauke. Hal itu sebagai konsekwensi beralihnya pengawasan perbankan dari yang tadinya dilakukan oleh Bank Indonesia, menjadi dilakukan oleh OJK, mulai 1 Januari 2014.

"Per 1 Januari (2014) itu OJK tidak hanya di Jakarta. OJK akan berdiri dari Sabang sampai Merauke. Karena ada tugas pengawasan bank seperti BPR itu di daerah-daerah," kata Muliaman ditemui usai forum Risk and Governance Summit 2013, di Jakarta, Rabu (4/12/2013).

Selain berfungi melaksanakan tugas pengawasan bank-bank yang ada di daerah, OJK yang tersebar di seluruh Indonesia nantinya juga akan menerima pengaduan masyarakat yang ada di daerah.

OJK di daerah juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang industri jasa keuangan. Muliaman menjelaskan, personel OJK di daerah akan berkolaborasi dengan personil BI. Secara substantif, OJK akan mengurusi hal-hal mikro, sementara BI akan mengurusi hal-hal makro.

"Kesepakatan ini menjadi penting agar kedua belah pihak bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Kita pastikan, BI dan OJK harus memiliki akses yang sama terhadap data-data di daerah," pungkasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.