Kompas.com - 06/12/2013, 21:38 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pabrik pemurnian bijih mineral PT Indosmelt menargetkan mampu mengolah sekitar 150.000 ton konsentrat tembaga yang dipasok oleh PT Newmont Nusa Tenggara (NNT).

“Dari jumlah kebutuhan kami 500.000 ton, mudah-mudahan bisa kita harapkan 30 persen dari Newmont, 70 persen dari Freeport,” kata Direktur Utama Indosmelt Natsir Mansyur, dihubungi Kompas.com, Jumat (6/12/2013).

Natsir menjelaskan, Indosmelt mampu mengolah 500.000 ton konsentrat tembaga menjadi 120.000 ton katode, 20.000 ton mod, dan hasil olahan lain.

Natsir mengatakan, kerja sama ini adalah kerja sama tahun kedua bersama NNT. Sementara itu, Indosmelt sudah tiga tahun menjalin kerja sama dengan Freeport. Wakil Ketua Umum Kadin ini juga mengaku rencana NNT memasok konsentrat ke Indosmelt sudah dimulai setahun yang lalu. Ore yang sudah menjadi konsentrat dari NNT akan diolah di Indosmelt.

“Kami olah jadi anode, kemudian jadi katode. Katode ini bahan baku kabel, kawat, dan lainnya begitu. Katode ini diperdagangkan di internasional (ekspor), tapi kita harapkan nantinya domestik dan ekspor bisa 50:50,” ujarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.