Kompas.com - 07/12/2013, 16:39 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorErlangga Djumena


BANDUNG, KOMPAS.com
- Bank Indonesia (BI) memprediksi mata uang rupiah akan menguat terhadap dollar AS tahun depan saat pemilu nanti. Hal itu disebabkan dengan adanya pergantian pemimpin negara yang baru, membuat sentimen positif di dalam kurs mata uang.

"Kalau sudah ada kepala negara baru maka rupiah kita mengalami perbaikan dengan baik," ujar Direktur Eksekutif Department Komunikasi BI, Difi Johansyah dalam pelatihan ekonomi dan perbankan Sabtu (7/12/2013).

Difi menjelaskan penguatan rupiah tersebut sudah menjadi tren dari nilai tukar rupiah setiap tahun politik diadakan. Hal itu juga disusul pertumbuhan ekonomi yang meningkat di tahun pemilu mendatang.

"Setiap menjelang pemilu atau setelah pemilihan umum (Pemilu), maka nilai tukar kita akan menguat," jelas Difi Johansyah

Dengan kondisi memanas di tahun politik, nilai tukar rupiah akan kembali stabil di tengah dampak ekonomi nasional yang kini tengah bergejolak. Namun pihak BI akan terus memantau pasar melihat perkembangan trend setelah pemilu selesai.

Menurut BI, potensi rupiah melemah bisa terjadi kembali di tahun politik. Hal ini dilihat dari faktor Internal dan eksternal. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.