Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Lunasi Pembelian Inalum pada 19 Desember

Kompas.com - 09/12/2013, 17:51 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kerjasama Indonesia Jepang atas PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) hari ini, Senin (9/12/2013) berakhir, ditandai dengan penandatanganan master agreement di kantor Kementerian Perindustrian.

Adapun pihak yang membubuhkan tandatangan yakni Menteri Perindustrian MS Hidayat, dan Presiden Nippon Asahan Alumium Yoshihiko Okamoto. Penandatangan disaksikan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Keuangan Chatib Basri, serta Dubes Jepang untuk RI, Yoshinori Katori.

Ditemui usai penandatanganan, Dahlan menyebutkan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk menentukan jajaran manajemen baru Inalum akan dilaksanakan setelah19 Desember mendatang.

"RUPSLB belum, ini dulu lah, ini yang tanggal 19 Desember saja belum ditandatangani," kata Dahlan.

Adapun penandatangan yang akan dilakukan pada 19 Desember 2013 mendatang ialah pelunasan transaksi sebesar 556,7 juta dollar AS.

Menteri Keuangan Chatib Basri dalam konferensi pers usai acara tersebut menuturkan, usai nasionalisasi, Inalum tetap akan berjalan sebagaimana 30 tahun itu.

"Pada prinsipnya bisnis as usual, rencananya tanggal 19 Desember 2013 transaksinya," kata Chatib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com