Kompas.com - 11/12/2013, 13:20 WIB
Ilustrasi KPR www.shutterstock.comIlustrasi KPR
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial dan PT Bank Jabar Banten Syariah (BJB Syariah) bekerja sama dalam pembiayaan ulang (refinancing) kredit pemilikan rumah (KPR) syariah.

Bentuk kerjasama refinancing KPR syariah ini berupa mudharobah dengan jangka waktu 5 tahun. Adapun nilai investasi kerjasama ini mencapai Rp 13 miliar.

"Kenaikan BBM, suku bunga acuan (BI Rate), inflasi belum lagi ekonomi global membuat tantangan bagi kami. Sehingga diharapkan melalui kerjasama ini dapat mendukung pengembangan produk KPR Syariah dalam dana jangka panjang karena KPR merupakan pembiayaan jangka panjang atau investasi," kata Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto di kantornya, Rabu (11/12/2013).

Kerjasama ini juga bertujuan untuk meningkatkan pembiayaan KPR Syariah dengan menggunakan dana jangka panjang. Selain itu, kerjasama tersebut dapat mendorong tumbuhnya portofolio pembiayaan pemilikan rumah agar dapat digunakan untuk mengakses dana dari pasar modal.

"Berapapun jumlah mulai awal kerjasama yang penting akhir jumlah kerjasamanya. BJB Syariah mulai berdiri tahun 2010, diharapkan kerjasama ini dapat menjadi langkah awal kami," kata Direktur Utama BJB Syariah Ahmad Riawan Amin pada kesempatan sama.

Hingga saat ini SMF telah melakukan refinancing pembiayaan perumahan syariah untuk 6 bank syariah yang hingga Desember 2013 mencapai Rp 2,29 triliun. Seluruhnya disalurkan untuk KPR Syariah dengan plafon hingga Rp 500 juta. Hingga November 2013 SMF telah menyalurkan pembiayaan konvensional maupun syariah mencapai Rp 1,74 triliun.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.