Indonesia Eximbank Incar Penyaluran Kredit UMKM Rp 4 Triliun

Kompas.com - 11/12/2013, 19:27 WIB
Ilustrasi UMKM eksportir KOMPAS/SRI REJEKIIlustrasi UMKM eksportir
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

SOLO, KOMPAS.com - Indonesia Eximbank menargetkan bisa mengucurkan pembiayaan kredit bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) sebesar Rp 4 triliun pada 2014.

Ditemui di sela-sela kunjungannya di salah satu debiturnya, Kepala Divisi Jasa Konsultasi Eximbank, Djoko S Djamhoer mengatakan, saat ini porsi pembiayaan untuk UKM masih 10 persen dari total kredit yang dikucurkan.

"Pembiayaan kredit UKM tahun ini 10 persen, dan korporasi 90 persen. Tahun depan akan kita tingkatkan menjadi 27 persen. Jadi Rp 4 triliun untuk UKM," kata dia di Solo, Rabu (11/12/2013).

Hingga kuartal III-2013, pertumbuhan kredit baik UKM maupun korporasi Eximbank sebesar 31,8 persen. Meski mencatat pertumbuhan, porsi pembiayaan di sektor UKM menurun dibanding periode sama tahun lalu.

Pada kuartal III-2012, porsi pembiayaan kredit UKM sebesar 8,7 persen, sedangkan pada tahun ini hanya 6 persen. Untuk meningkatkan pembiayaan kredit UKM, Djoko mengungkapkan pihaknya akan menambah business linkage.

Dengan metode itu, diharapkan UKM yang bermitra dengan korporasi besar juga ikut mendapat pembiayaan. "Nanti, kalau mitra-mitra ini sudah besar, dia bisa masuk kredit korporasi. Syaratnya, harus berorientasi ekspor," kata dia.

Selain itu, Eximbank juga menggandeng lembaga keuangan lain yang fokus ke pembiayaan UKM, baik bersifat refinancing maupun co-financing. Eximbank juga akan memanfaatkan jaringan UKM secara group agar bisa mengucurkan pembiayaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kendala UKM itu kan one man show. Jadi belum punya struktur organisasi yang baik. Biasanya pada saat kecil mereka bisa handle, begitu besar belum tentu. Maka, butuh pengawasan juga," pungkasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.