Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Eximbank Incar Penyaluran Kredit UMKM Rp 4 Triliun

Kompas.com - 11/12/2013, 19:27 WIB
Estu Suryowati

Penulis


SOLO, KOMPAS.com - Indonesia Eximbank menargetkan bisa mengucurkan pembiayaan kredit bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) sebesar Rp 4 triliun pada 2014.

Ditemui di sela-sela kunjungannya di salah satu debiturnya, Kepala Divisi Jasa Konsultasi Eximbank, Djoko S Djamhoer mengatakan, saat ini porsi pembiayaan untuk UKM masih 10 persen dari total kredit yang dikucurkan.

"Pembiayaan kredit UKM tahun ini 10 persen, dan korporasi 90 persen. Tahun depan akan kita tingkatkan menjadi 27 persen. Jadi Rp 4 triliun untuk UKM," kata dia di Solo, Rabu (11/12/2013).

Hingga kuartal III-2013, pertumbuhan kredit baik UKM maupun korporasi Eximbank sebesar 31,8 persen. Meski mencatat pertumbuhan, porsi pembiayaan di sektor UKM menurun dibanding periode sama tahun lalu.

Pada kuartal III-2012, porsi pembiayaan kredit UKM sebesar 8,7 persen, sedangkan pada tahun ini hanya 6 persen. Untuk meningkatkan pembiayaan kredit UKM, Djoko mengungkapkan pihaknya akan menambah business linkage.

Dengan metode itu, diharapkan UKM yang bermitra dengan korporasi besar juga ikut mendapat pembiayaan. "Nanti, kalau mitra-mitra ini sudah besar, dia bisa masuk kredit korporasi. Syaratnya, harus berorientasi ekspor," kata dia.

Selain itu, Eximbank juga menggandeng lembaga keuangan lain yang fokus ke pembiayaan UKM, baik bersifat refinancing maupun co-financing. Eximbank juga akan memanfaatkan jaringan UKM secara group agar bisa mengucurkan pembiayaan.

"Kendala UKM itu kan one man show. Jadi belum punya struktur organisasi yang baik. Biasanya pada saat kecil mereka bisa handle, begitu besar belum tentu. Maka, butuh pengawasan juga," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com