Kompas.com - 13/12/2013, 18:51 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank BJB Syariah akan berekspansi ke luar negeri. Unit Usaha Syariah  PT Bank Jabar Banten Tbk  itu tengah berencana untuk membidik pasar di Eropa.

Direktur Utama Bank BJB Syariah A Riawan Amin menuturkan bahwa ekspansi itu akan dilakukan karena adanya kemudahan perizinan di wilayah Eropa barat. Kebetulan Kedutaan Besar Indonesia setempat mendukung hal itu.

"Mereka sangat  welcome dengan rencana kami, makanya ini sebagai strategi perluasan kami juga untuk berekspansi," ujar Riawan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (13/12/2013).

Sayangnya, Riawan enggan mengatakan apakah ekspansi itu dengan mendirikan cabang atau mendirikan perusahaan subsidiary yang merupakan patungan dengan pihak tertentu.

"Masih kami timbang, belum diputuskan, tetapi ekspansi ke Eropa masuk dalam RBB kami di 2014," katanya yang enggan menyebutkan lokasi negara yang ditujunya.

Menurut dia, ekspansi ke Eropa lebih logis dan masuk akal ketimbang ekspansi di wilayah Asean yang menurut dia tidak akan berguna banyak ketika menghadapi Asean Economic Community (AEC) pada 2015.

"Kalau ke Asean sudah bukan zamannya, peluang pasarnya juga kecil. Akan lebih baik jika ekspansi ke pasar Eropa yang masih terhitung baru," ujar Riawan. (Arif Wicaksono)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.