Kompas.com - 18/12/2013, 17:53 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS,com - Presiden Direktur PT Bahana TCW Investment Management Edward Lubis mengatakan selama tahun 2013 ini kinerja perusahaan masuh cukup baik, walaupun terdapat berbagai isu global dan domestik yang dihadapi.

"Tahun 2013 ini kinerja perusahaan sangat baik, khususnya di bulan Mei hingga Juni karena saat itu indeks saham kita bagus. Kita menghadapi isu global seperti tapering off dan isu domestik yakni defisit neraca transaksi berjalan," kata Edward di Graha Niaga, Rabu (18/12/2013).

Edward memaparkan hingga November tahun ini, inflow perusahaan cukup besar, yakni mencapai Rp 7 triliun. Adapun outflow mencapai Rp 4,8 tiliun sehingga net inflow mencapai Rp 2,2 triliun.

Sementara itu asset under management (AUM) pada bulan lalu mencapai Rp 20 triliun, lebih rendah jika dibandingkan pada bulan Oktober yang mencapai Rp 21,02 triliun. Adapun mayoritas portofolio perusahaan diakui Edward masih dialokasikan ke fixed income dengan total 55 persen. Sisanya berupa equity sebesar 37 persen.

"Investor kami 75 persen masih institusi, paling besar adalah asuransi, diikuti dana pensiun. Investor ritel mencapai 24 persen yang berasal dari commercial bank dimana kita bertindak sebagai ditributor," ujar dia.

Untuk tahun 2014 mendatang, Edward mengungkapkan bahwa perseroan menargetkan pertumbuhan AUM sebesar 22 persen. Adapun pertumbuhan laba bersih ditargetkan sebesar 7 persen dan akun baru Sinar sebanyak 3.000 akun. Sinar atau Berinvestasi Benar adalah program Bahana berupa web platform dimana investor dapat bertransaksi via internet.

"Kita akan push Sinar sebagai web platform kita untuk ritel, untuk fokus pada kelompok-kelompok konsumer. Sifatnya lebih ke relation to group," ungkap Edward.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.