Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citilink Gandeng BII untuk Pembayaran Tiket

Kompas.com - 18/12/2013, 20:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) menjalin kerja sama dengan PT Citilink Indonesia dalam penjualan tiket online melalui travel agent dan mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Kerja sama diharapkan bisa meningkatkan pendapatan non-bunga atau fee based income BII. Direktur Keuangan sekaligus Pejabat Sementara Presiden Direktur BII Thila Nadason mengatakan, pihaknya mendukung Citilink melakukan penjualan tiket pesawat melalui biro perjalanan dengan menyediakan solusi pembayaran berbasis BII Corporate On Line Payment (BII CoOLPAY).

Menurutnya, melalui kerja sama itu, Citilink akan terbantu dalam proses pembayaran klaim tiket dari biro perjalanan. Citilink juga bisa menerima laporan secara on line dan real time.

"Pelanggan Citilink juga bisa melakukan pembayaran tiket secara on line melalui ATM BII. Ke depan, kerja sama diharapkan bisa dikembangkan ke jaringan elektronik BII lainnya, termasuk internet banking dan mobile banking," kata Thila di Jakarta, Rabu (18/12).

Thila menambahkan, BII CoOLPAY mempermudah proses bisnis antara BII, Citilink beserta biro perjalanan. Biro perjalanan juga dapat melakukan pembayaran tiket tanpa harus datang ke bank.

"Solusi cash management dan electronic banking ini selaras dengan misi kami, humanizing financial services," ujarnya.

Selain dengan Citilink, BII juga telah menjalin kerja sama dengan maskapai penerbangan lainnya. BII berharap kerja sama dengan penerbangan dapat berkontribusi sebesar 20 persen terhadap total fee based income.

Direktur Operasional BII Frans Rahardja, mengatakan, cash management adalah pilar bisnis dalam transactional banking. "Cash management pilar penting dalam bisnis kami. Yang sekarang kita tawarkan pembayaran melalui on line. Kalau dihitung transaksi akan menambah fee based income," ujar Frans.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Citilink Arif Wibowo bilang, kerja sama dengan BII ini diharapkan bisa menopang pertumbuhan perusahaan. Sebab, awal tahun depan, Citilink akan ekspansi rute ke regional.

Perth, Australia, menjadi salah satu destinasi ekspansi rute Citilink pada tahun 2014 mendatang. "Segmen regional harus ditopang bank yang kuat di regional juga. Ini bank yang cukup kuat di regional," ucap Arif. (Dea Chadiza Syafina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com