Kompas.com - 19/12/2013, 17:31 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Senior PT Mandiri Sekuritas Aldian Taloputra memprediksi perekonomian Indonesia akan stabil pada tahun 2014 mendatang. Kestabilan itu, kata dia, dalam artian akan terjadi penurunan pada defisit neraca transaksi berjalan (current account deficit).

"Kenapa bisa turun? Karena kita melihat ada beberapa faktor. Pertama, kita melihat kebijakan moneter dan kebijakan yang sudah diambil pemerintah itu paling tidak akan membantu untuk menurunkan impor," kata Aldian di Jakarta, Kamis (19/12/2013).

Selain dua kebijakan tersebut, Aldian juga memandang kebijakan pemerintah untuk menerapkan tarif impor atas barang-barang non-produktif dan sebagainya juga berdampak pada turunnya defisit neraca transaksi berjalan.

Faktor kedua, lanjutnya, ia melihat ada kemungkinan perbaikan dari sisi global. "Kalau lihat proyeksi IMF, World Bank, itu semua menunjukkan kalau mereka expect tahun depan ekonomi global itu lebih baik daripada tahun ini pertumbuhannya. Memang kalau kita lihat Asia mungkin nggak terlalu, tapi secara keseluruhan perkembangan ekonomi negara-negara maju itu sacara keseluruhan mereka expect akan lebih baik," ujarnya.

Terkait hal itu, Aldian memandang ekonomi global pun juga akan membantu dari sisi current account deficit Indonesia. "Jadi kalau kita lihat arahnya kita percaya akan turun," tuturnya.

Aldian memprediksi, berdasarkan hitungan kasar tahun ini defisit neraca transaksi berjalan mungkin akan berada pada kisaran 3,6 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.