Pemasangan RFID Baru 135.000 Unit, Ini Komentar Pertamina

Kompas.com - 23/12/2013, 13:22 WIB
Petugas memasang cincin Radio Frequency Identification (RFID) kepada salah satu mobil mewah di SPBU kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2013). WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHAPetugas memasang cincin Radio Frequency Identification (RFID) kepada salah satu mobil mewah di SPBU kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2013).
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) memasrahkan seutuhnya pemasangan radio-frequency identification (RFID) kepada PT Inti, selaku pelaksana proyek.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir, ditemui di Terminal BBM Pertamina Plumpang, Senin (23/12/2013), menuturkan, jika PT Inti memiliki kendala dalam anggaran penyediaan alat, maka itu menjadi urusan korporasi yang bersangkutan.

"Ya kita mendorong untuk itu (dipercepat). (Namun) kalau pinjaman itu kan aksi korporasi, harus ada izin pemegang saham," kata Ali.

Ali juga mengatakan, sesuai kontrak, Pertamina hanya membayar jasa PT Inti. Kata Ali, PT Inti sedianya bakal mendapatkan bayaran dari Pertamina, untuk setiap liter yang tercatat dalam sistem RFID.

Sebagai informasi, target pemasangan RFID molor dari rencana semula. Untuk wilayah Jakarta sendiri, target 1 juta unit terpasang di mobil pada akhir Desember ini baru terealisasi sekitar 135.000 unit. Pemasangan diprediksi rampung pada Maret 2014.

Ketika ditanya, akankah Pertamina membantu PT Inti andaikata modal menjadi kendala, Ali belum bisa memastikan. "Masih dibicarakan," tukas Ali.

Sementara itu, ditemui dalam kesempatan sama, Menteri ESDM Jero Wacik hanya mengatakan bahwa sistem ini tengah dicoba. "Saya prinsipnya, kalau menyangkut rakyat, jangan dijalankan dulu, sampai uji cobanya baik," tutur Jero.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.