Pertumbuhan China Sepanjang 2013 Capai 7,6 Persen

Kompas.com - 26/12/2013, 20:17 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

BEIJING, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi CHina sepanjang tahun ini kemungkinan berada di level 7,6 persen, atau turun tipis dari tahun lalu yang sebesar 7,7 persen. Demikian laporan resmi Dewan Negara yang dirilis hari ini, Kamis (26/12/2013).

Meski turun, namun level pertumbuhan itu diklaim lebih baik dari yang diharapkan, di tengah tren penurunan pertumbuhan ekonomi global. Laporan tersebut diserahkan kepada Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional.

Pemerintah China sebelumnya telah menetapkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen dalam rentang 5 tahun antara 2011-2015. Pada tahun 2011, pertumbuhan PDB China mencapai 9,3 persen. Selanjutnya menjadi 7,7 persen pada 2012 dan 7,6 persen pada paruh pertama tahun ini.

"Bagaimanapun, kami tidak membantah adanya tekanan terhadap pertumbuhan ekonomi," ujar Xu Shaoshi, menteri yang membawahi Komisi Reformasi dan Pembangunan, sebagaimana dikutip dari Xinhua.

Dia menjelaskan, saat ini terdapat ketidakpastian perbaikan ekonomi global, dan pasar di berbagai negara tak mampu menciptakan permintaan yang besar.

Dari dalam negeri, upah tenaga kerja meningkat dan, termasuk juga biaya untuk menjaga lingkungan. Perekonomian China juga menghadapi tantangan berupa naiknya utang pemerintah lokal.

Untuk itu, Dewan Negara mengusulkan solusi yaitu reformasi komprehensif di berbagai sektor untuk merealisasikan keputusan dan meningkatkan kinerja pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Xinhua
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.