Kementan Hanya Bisa Dirikan 1 Pabrik Gula dari Target 25 Unit

Kompas.com - 30/12/2013, 14:18 WIB
Ilustrasi pabrik gula KOMPAS/ALBERTUS HENDRIYO WIDIIlustrasi pabrik gula
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian tahun depan akan meresmikan pembangunan satu pabrik gula guna mendukung ketersediaan gula nasional.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan, sedianya pemerintah telah menargetkan pembangunan 20-25 unit pabrik. Namun sayangnya, yang terealisasi hanya satu pabrik. "Revitalissi pabrik gula belum berjalan, pembangunan pabrik gula baru hanya 1 pabrik dari target 20-25 unit," kata Suswono dalam paparan kinerja akhir tahun 2013, Jakarta, Senin (30/12/2013).

Tidak berjalannya revitalisasi pabrik gula, dan pembangunan pabrik tersebut membuat ketersediaan gula untuk industri masih minim. Sehingga, sepanjang tahun ini Indonesia masih perlu mengimpor gula.

Sementara itu, gula untuk konsumsi rumah tangga bisa masih surplus 384.300 ton. Berdasarkan kesepakatan Ditjen Teknis pada saat pra Rakor Pangan-Bukit Tinggi, tahun depan produksi gula sebesar 3,1 juta ton, atau naik 26,19 persen dibanding realisasi capaian produksi 2013 yang sebesar 2,54 juta ton.

"Peningkatan produktivitas akan dilakukan melalui rawat ratoon seluas 61.000 Ha, bongkar ratoon 8.000 Ha, serta upaya perluasan areal tanam seluas 237.000 Ha," ujarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.