Akuisisi Bank Saudara oleh Woori Bank Direstui BI

Kompas.com - 02/01/2014, 19:22 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia merestui langkah bank asal Korea Selatan, Woori Bank mengakuisisi 27 persen saham PT Bank Himpunan Saudara 1906 Tbk.

Direktur Utama Bank Saudara Yanto M. Purbo dalam keterangan resminya, Kamis (2/1/2013) menuturkan, surat persetujuan diberikan oleh BI pada 30 Desember 2012. Transaksi jual beli saham ini akan dituntaskan dalam beberapa hari mendatang.

Dalam transaksi ini, Woori Bank akan mengambil alih 27 persen saham Bank Saudara dari keluarga Arifin Panigoro. Sebelumnya, Woori Bank telah mengambil alih 6 persen saham bank tersebut pada April 2013.

"Kami akan melakukan keterbukaan informasi kembali kepada pemegang saham selambatnya pada akhir hari kerja ke-2 setelah transaksi jual beli terlaksana secara tuntas. Diharapkan, Bank Saudara dan Woori Bank dapat bersinergi dengan baik dengan saling melengkapi dalam segmen retail banking dan corporate banking," jelasnya.

Sementara itu, Denny N. Mahmuradi, Direktur Bisnis Bank Saudara mengatakan, kedepannya perseroan akan melanjutkan rencana bisnis dengan cara memperkuat di segmen perbankan konsumen dan melanjutkan pertumbuhan kredit pada segmen usaha kecil dan menengah (UKM).

Setelah transaksi selesai, Woori Bank Korea tidak melakukan pengambilalihan saham Bank Saudara dengan mekanisme penawaran tender dari pemegang saham Bank Saudara lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.