Kompas.com - 10/01/2014, 14:19 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) dalam rapat RDG BI triwulanan Kamis (9/1/2014) kemarin memutuskan menahan suku bunga acuan atau BI rate pada level 7,5 persen.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan kebijakan BI tersebut sejalan dengan upaya mengendalikan kondisi ekonomi, sehingga defisit transaksi berjalan dapat berjalan sehat.

"Jadi kalau yang kami bilang kemarin kebijakan BI adalah menahan BI rate itu adalah kebijakan yang kami ambil. Kami lihat inflasi yang ada sudah lebih terkendal san kembali ke pola normal," kata Agus di Kompleks Kantor Pusat BI, Jumat (10/1/2014).

Agus memandang inflasi pada bulan November dan Desember terlihat telah kembali ke pola normal. Adapun pada bulan Januari, kata dia, dapat lebih rendah dibandingkan rata-rata 5 tahun terakhir.

"Januari melihat secara rata-rata 5 tahun terakhir dibandingkan realisasi minggu pertama bisa rendah inflasi dibandingkan rata-rata selama 5 tahun terakhir. Tapi harus waspada komoditi, terutama volatile," ujar dia.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, inflasi dalam keadaan terkendali. Kesimpulan tersebut diambil atas pertimbangan keseluruhan indikator ekonomi.

Agus mengatakan pada konferensi pers kemarin, evaluasi menyeluruh ekonomi Indonesia 2013 dan prospek 2014 dan 2015 menunjukkan kebijakan BI tersebut masih konsisten untuk mengarahkan inflasi pada kisaran 4,5 plus minus 1 persen pada tahun 2013 dan 4 plus minus 1 persen pada tahun 2015 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.