Kompas.com - 13/01/2014, 12:05 WIB
Ilustrasi KONTAN/AHMAD FAUZIEIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah Indonesia mencatatkan penguatan terbesar dalam enam pekan terakhir hari ini (13/1). Data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 09.55 WIB, rupiah perkasa 1,1 persen menjadi 12.033 per dollar AS. Ini merupakan penguatan terbesar sejak 2 Desember lalu.

Sementara itu, nilai kontrak rupiah untuk pengantaran satu hulan ke depan di pasar non deliverable forwards menguat 0,6 persen menjadi 11,853 per dollar AS. Ini merupakan level paling perkasa sejak 3 Desember lalu.

Penguatan rupiah terjadi setelah pemerintah memberlakukan larangan ekspor mineral tambang mentah yang mulai berlaku pada 12 Januari lalu.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menandatangani peraturan larangan ekspor mineral tambang tersebut. Demikian yang disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik kepada wartawan setelah melakukan pertemuan 11 malam di kediaman presiden di Cikeas pada Sabtu (11/1/2014) lalu.

"Rupiah sepertinya menjadi pemenang utama dengan diberlakukannya pelarangan ekspor mineral," papar Dariusz Kowalczyk, senior strategist Credit Agricole CIB di Hong Kong. (Barratut Taqiyyah)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.