IHSG Menguat, Menkeu Klaim sebagai Hasil Implementasi UU Minerba

Kompas.com - 15/01/2014, 14:02 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Chatib Basri mengklaim pasar memberikan respon positif terhadap kebijakan pelarangan ekspor mineral mentah, yang mulai berlaku 12 Januari 2014.

Ditemui usai diskusi panel dalam forum Indonesia Summit 2014, bertajuk What Indonesia Needs Now, ia mengatakan ada dua indikasi respon positif tersebut.

"Sejak ini ditetapkan pada Sabtu malam. Maka Senin pagi hari pasar keuangan menyambut positif. Aturan ini membuat indeks saham itu tercetak positif dan rupiah itu menguat cukup besar," jelas Chatib, di Jakarta, Rabu (15/1/2014).

Sekadar informasi, IHSG pada Rabu pagi kembali melaju usai libur kemarin, menembus 4.400. Hingga pukul 09.05 Wib, IHSG melonjak 64,70 poin atau 1,47 persen ke posisi 4.455,47.

Adapun saham-saham yang menjadi bensin laju indeks diantaranya, Bank Mandiri (BMRI) yang melejit 6,25 persen, Astra International (ASII) menguat 5 persen, Bank Central Asia (BBCA bertambah 3,32 persen, dan Bank Rakyat Indonesia (BBRI) naik 2,39 persen.

Selain pasar modal, indikasi kedua adanya respon positif atas UU minerba adalah menguatnya nilai tukar rupiah. Chatib menambahkan, nampaknya kepercayaan pasar terhadap kebijakan ini cukup besar.

"Ke depan harga SDA itu akan jatuh, makanya seperti negara yang banyak menyimpan SDA itu harus melakukan sebuah pengolahan dan pemurnian," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.