Sofjan Wanandi: Pemerintah Janjinya Banyak, tapi Kerjanya Belum Banyak

Kompas.com - 16/01/2014, 14:26 WIB
Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi KOMPAS.COM/Sandro GatraKetua Umum Apindo Sofjan Wanandi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi pesimistis pertumbuhan ekonomi 2014 ini bakal mencapai 5,8 persen. Kepesimisan pengusaha kawakan ini antara lain karena berbagai faktor yang tidak mendukung.

"Biar pemerintah optimis, kita pengusaha lebih konservatif. Kita masih memikirkan pertumbuhan 5 persen, tumbuh 5,5 persen itu sudah paling bagus," kata dia kepada Kompas.com, Kamis (15/1/2014).

Lebih lanjut, di tahun Pemilu ini ia memperkirakan pelaku usaha akan lebih hati-hati membelanjakan uangnya.

Terkait dengan rencana kenaikan tarif dasar listrik untuk golongan i3 dan i4, ia mengatakan ada dua kemungkinan dampak. Pertama, jika pengusaha tidak menaikkan harga produknya maka keuntungan berkurang. Kedua, jika terjual pun, pengusaha bakal mengurangi kapasitas produksi untuk menekan biaya.

Cuaca ekstrem dan pengetatan uang, serta kebijakan upah baru juga dinilai memberikan tekanan ke terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Melihat faktor-faktir tersebut, Sofjan menaksir pertumbuhan ekonomi bakal lebih rendah dari perkiraan pemerintah. "Walaupun pemerintah kasih semangat kita terus baik, baik, baik, tapi nyatanya gejalanya seperti itu. Dia janjinya banyak, tapi kerjanya belum banyak. Membikin kita optimis boleh-boleh saja, karena untuk itu kan dia dibayar?" kata Sofjan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.