Pertumbuhan Kredit Tahun Ini Diprediksi Makin Melambat

Kompas.com - 16/01/2014, 21:09 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melalui Survei Perbankan kuartal IV 2013 memprediksi tren perlambatan pertumbuhan kredit. Diketahui, perlambatan terjadi pada seluruh sektor dan jenis penggunaan kredit.

"Indikasi tersebut tercermin dari angka saldo bersih tertimbang (SBT) hasil survei permintaan kredit baru triwulan IV 2013 yang turun dari 90,0 persen di triwulan sebelumnya menjadi 88,5 persen," tulis BI dalam keterangan resmi, Kamis (16/1/2014).

BI mencatat penurunan terbesar atas permintaan kredit baru terjadi pada KPR atau KPA sebagai respons kenaikan suku bunga dan diterapkannya kebijakan lanjutan BI mengenai Loan to Value (LTV) pada September 2013 lalu.

Pertimbangan utama dalam memproyeksikan perlambatan pertumbuhan kredit adalah tren pelemahan pertumbuhan ekonomi dan kenaikan suku bunga kredit.

"Perlambatan pertumbuhan kredit diperkirakan berlanjut pada 2014. Kondisi ini tercermin pada sebagian besar responden yang memperkirakan pertumbuhan kredit menjadi 19,1 persen (yoy), melambat dibandingkan perkiraan pertumbuhan kredit tahun 2013 yakni 20,8 persen yoy," tulis BI.

Hasil Survei Perbankan menunjukkan suku bunga perbankan baik suku bunga dana maupun suku bunga kredit, diperkirakan meningkat pada kuartal I 2014.

Rata-rata responden memperkirakan suku bunga dana (cost of fund) meningkat 128 basis poin, adapun suku bunga kredit modal kerja, kredit investasi dan kredit konsumsi masing-masing naik 27, 16, dan 6 basis poin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.