Kenaikan TDL Industri Tunggu Pembahasan dengan DPR

Kompas.com - 17/01/2014, 11:40 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) untuk pelanggan golongan tiga atau industri menengah dan golongan empat atau industri besar dipastikan naik tahun ini. Namun demikian, keputusan tersebut masih harus menunggu pembahasan bersama Komisi VII DPR.

"Belum dinaikkan. Kan kita juga harus ngomong dulu dengan Komisi VII," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Kelistrikan Kementerian ESDM Jarman ketika ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jumat (17/1/2014).

Lebih lanjut, terkait Peraturan Menteri (Permen) ESDM mengenai kenaikan TDL industri tersebut diakui Jarman belum diterbitkan dan diberi nomor karena masih menunggu pembahasan dengan Komisi VII.

Ia mengatakan, pembahasan baru akan dilakukan pada Selasa (21/1/2014) mendatang. "Permennya belum bisa diberi nomor karena kan harus menunggu Komisi VII. Nanti Selasa dibahas di Komisi VII, setelah itu baru bisa diputuskan," ujar dia.

Jarman menegaskan, TDL industri dipastikan akan naik. Namun demikian, mekanisme kenaikan tersebut perlu dilakukan pembahasan dan diskusi terkebuh dahulu. Kenaikan TDL industri, ujar dia, tidak akan dilakukan secara sekaligus.

"Naik, cuma naiknya bagaimana itu kan perlu diomongkan. Pemerintah tidak akan menaikkan sekaligus, tapi gradual. Ini akan diputuskan setelah rapat kerja dengan Menteri ESDM dan Komisi VII," ungkap Jarman.

Adapun pelanggan-pelanggan industri yang dimaksud adalah golongan I3 industri menengah seperti pusat-pusat perbelanjaan (mall). Sedangkan pelanggan yang tergolong I4 adalah industri besar yang sudah memiliki keuntungan triliunan rupiah, serta industri yang telah menjadi perusahaan terbuka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.