Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Berpeluang Terdorong Penguatan Rupiah

Kompas.com - 20/01/2014, 08:48 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan mencoba meraih kenaikan di awal pekan ini, Senin (20/1/2014). Penguatan rupiah diproyeksikan mendorong penguatan indeks di tengah pengaruh sentimen bursa saham di kawasan regional Asia hari ini.

Sentimen variatif diperoleh dari eksternal, khususnya bursa Wall Street yang ditutup variatif di akhir pekan, merespon kurang bagusnya data kinerja sejumlah emiten. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,25 persen, namun Indeks S&P 500 turun 0,39 persen dan Indeks Komposit Nasdaq melemah 0,50 persen.

Menutup perdagangan akhir pekan lalu, IHSG cenderung stagnan dengan ditutup melemah tipis 0,26 poin (0,01 persen) ke level 4.412,23. Sementara Indeks LQ45 turun 1,05 poin (0,14 persen) ke level 745,34. Namun IHSG masih tercatat menghijau sepanjang sepekan kemarin.

Penguatan ini menurut riset Trust Securities, merupakan imbas kenaikan yang cukup signifikan di awal pekan yang merespon data-data makroekonomi dalam negeri yang dirilis di pekan sebelumnya.

Di antaranya laju rupiah yang mampu berbalik menguat dan adanya rilis kenaikan suku bunga LPS 25 bps. Selain itu juga pemberitaan optimisme kenaikan cadangan devisa di negara-negara ASEAN di mana cadangan devisa Indonesia termasuk yang mengalami kenaikan dengan posisi per akhir Desember 2013 senilai 99,39 miliar dollar AS.

Sepanjang pekan kemarin, asing berbalik tercatat melakukan aksi beli senilai Rp 3,27 triliun dari sebelumnya yang melakukan aksi jual senilai Rp 361,86 miliar.

Riset Asjaya Indosurya Securities memroyeksikan rentang IHSG di awal pekan ini di level 4.404-4.4494. Setelah berhasil mencapai support 4.391 dan tidak dijebol kemudian mengarah balik (naik) serta ditutup di atas support berikutnya pada 4.404, maka hal itu menunjukkan bahwa keinginan IHSG untuk menuju level resistance 4.494 masih cukup tinggi dan peluang  masih cukup besar.

Namun jika hari ini IHSG tidak mampu mencetak angka di atas 4.429, maka sangat dimungkinkan masih akan berkonsolidasi pada area 4.391-4.454 untuk timeframe jangka pendeknya. Secara umum IHSG masih dalam pola uptrend. Dengan saham-saham pilihan adalah TBIG, PGAS, EXCL, ISAT, SMCB, PTBA dan ADRO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com