Kompas.com - 20/01/2014, 13:29 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya berdampak pada sejumlah perjalanan kereta api, terutama kereta penumpang. Namun demikian, untuk kereta angkutan barang sejauh ini dilaporkan tak ada masalah.

Namun demikian, kereta angkutan barang hingga saat ini masih aman belum terganggu. “Kereta barang tidak ada yang terganggu, iya sementara ini aman sih,” ungkap CEO PT Kereta Api Indonesia, Ignasius Jonan, ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (20/1/2014).

Kemarin, kata Jonan, air yang menggenangi rel melumpuhkan perjalanan kereta dari Merak menuju ke Jakarta. Ia memastikan, yang terganggu itu adalah kereta penumpang, bukan kereta barang.

“Yang terpengaruh (banjir) dari Merak ke Jakarta, tapi sekarang sudah oke,” imbuh penyandang predikat CEO BUMN Terbaik 2013 versi majalan BUMN Track itu.

Sementara itu, mulai pagi tadi, sejumlah perjalanan kereta penumpang Jabodetabek (KRL) pun sudah beroperasi kembali, seperti di Kampung Bandan dan Tanah Abang. Kendati demikian, ia tidak bisa memastikan apakah kondisi ini akan berlangsung lama, mengingat diprediksi intensitas hujan ibukota masih akan berlanjut hingga akhir Januari 2014.

"Saya enggak tahu, tapi kan kalau hujan deras, bisa banjir lagi, bisa terganggu lagi. Tadi pagi sih sudah (beroperasi) sekarang enggak tahu, karena yang ngatur banjir bukan saya" kata Jonan.

Yang jelas, kata dia, sampai saat ini Dipo KA Bukit Duri masih tergenang banjir. Sehingga, KRL yang tertahan di dalam dipo tidak bisa keluar. Akibatnya, sejumlah perjalanan KRL pun terpaksa dibatalkan menyusul lumpuhnya Dipo KA Bukit Duri yang tergenang air setinggi 40-50 sentimeter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.