Kompas.com - 20/01/2014, 21:10 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

HELSINKI, KOMPAS.com - Bank sentral Finlandia tak mengakui Bitcoin sebagai mata uang maupun alat pembayaran. Akan tetapi, mengelompokkannya sebagai komoditas.

“Dengan mempertimbangkan definisi resmi mengenai mata uang, Bitcoin tak bisa memenuhinya. Demikian pula dengan sebagai alat pembayaran, Bitcoin tidak bisa masuk kategori tersebut, karena instrumen pembayaran harus memiliki pihak yang secara resmi mengeluarkannya," ujar Paeivi Heikkinen, Direktur Pengawasan bank sentral Finlandia, sebagaimana dikutip dari Bloomberg, Senin (20/1/2014).

Untuk itu, ujar Heikkinen, Bitcoin dikategorikan sebagai komoditas. FInlandia merupakan negara terakhir yang berusaha untuk mengadaptasi mata uang virtual itu, yang selama ini tidak pernah ada otoritas yang mengeluarkannya.

Untuk itu, Bank of Findland berusaha untuk menciptakan regulasi guna melindungi konsumen dan pelaku bisnis dari potensi kerugian, di mana mereka tak bisa melakukan klaim secara legal.

Sementara itu, pemerintah Norwegia juga telah memutuskan bahwa Bitcoin tidak memenuhi syarat sebagai mata uang. Adapun di Denmark, lembaga pengawas finansial tengah membahas bagaimana mendefinisikan Bitcoin.

Secara global, Bitcoin telah diterima beragam. Di China, Bitcoin telah dilarang penggunaannya sebagai alat pembayaran virtual. Di Amerika Serikat, badan Internal Revenue Service belum mengeluarkan petunjuk mengenai Bitcoin, dan sejauh ini masih tetap dipantau perkembangannya sejak 2007.

Namun demikian, seorang kandidat senat dari Texas, Steve Stockman bersedia menerima donasi Bitcoin untuk mendanai kampanyenya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Bloomberg


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.