Kompas.com - 23/01/2014, 17:15 WIB
Dari kiri ke kanan, General Manager Transactional Banking Services BNI Iwan Kamaruddin, CEO Alpha Southeast Asia Siddiq Bazarwala dan Division Head Senior Vice President BNI A. Firman Wibowo usai penyerahan penghargaan Best Remittances Provider 2013 and Best Cash Management 2013. Bambang P. Jatmiko/Kompas.comDari kiri ke kanan, General Manager Transactional Banking Services BNI Iwan Kamaruddin, CEO Alpha Southeast Asia Siddiq Bazarwala dan Division Head Senior Vice President BNI A. Firman Wibowo usai penyerahan penghargaan Best Remittances Provider 2013 and Best Cash Management 2013.
EditorBambang Priyo Jatmiko

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) meraih dua penghargaan bergengsi dari Alpha Southeast Asia untuk dua layanannya, yaitu bisnis remitansi dan cash management  di Kuala Lumpur, Kamis (23/1/2014).

Untuk bisnis remitansi, perseroan mendapatkan predikat "Best Remittances Provider 2013" sedangkan untuk pengelolaan kas, BNI menyabet "Best Cash Management 2013".

CEO Alpha Southeast Asia, Siddiq Bazarwala menyatakan BNI mencatatkan berbagai pencapaian serta kelebihan. Hal itu ditandai dengan meningkatnya volume remitansi sepanjang tahun 2013.

Sementara itu terkait dengan penghargaan cash management, perseroan berhasil mengelola dana instansi pemerintah, termasuk BUMN. Hal itu dinilai bisa mendorong efisiensi dalam pelaksanaan pelayanan publik.

"BNI berupaya untuk menjadi pemain terkemuka dalam cash management (pengelolaan dana) dan dinilai bisa membantu mendorong efisiensi proses pelayanan publik," ujarnya Kepada Kompas.com hari ini.

Sementara itu, Division  Head Senior Vice President BNI A. Firman Wibowo mejelaskan perseroan akan terus memperluas layanan remitansi di berbagai negara, karena prospek bisnis pengiriman uang sangat terbuka.

"Warga Indonesia tersebar di berbagai negara, dan kami akan memperluas layanan ke negara-negara yang menjadi tujuan para tenaga kerja. Namun di luar itu, kami juga melayani para ekspatriat yang bekerja di Indonesia dalam mengirimkan uang ke negara asalnya," ujar Firman.

Hingga saat ini, ada lebih dari 60 kantor virtual yang berada di Arab Saudi, Abu Dhabi, Dubai, Qatar, Kuwait, Oman, Bahrain, Yordania, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Brunei, Singapura, Australia, Belanda dan 5 Cabang Luar Negeri (New York, London, Tokyo, HongKong, Singapore) serta BNI Remittance Limited di HongKong.

Sementara itu, General Manager Transactional Banking Services BNI Iwan Kamaruddin mengungkapkan dengan membantu pengelolaan dana berbagai instansi pemerintah dan BUMN, BNI juga dinilai berhasil mendorong transparansi dan efisiensi.

"Salah satunya adalah kami mengelola dana penerimaan bukan pajak dari Kementerian Hukum dan HAM," ujar Iwan.

Penghargaan sebagai "Best Remitance 2013" adalah yang kelima kalinya diterima oleh BNI. Adapun sebagai Best “Best Cash Management" adalah yang ketiga kalinya.

Perseroan menyatakan semakin tipisnya marjin bunga, layanan cash management muncul menjadi sumber pendapatan berbasis komisi (fee based income) yang cukup potensial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.