Kompas.com - 23/01/2014, 17:45 WIB
Division Head Senior Vice President BNI Firman Wibowo Bambang P. Jatmiko/Kompas.comDivision Head Senior Vice President BNI Firman Wibowo
EditorBambang Priyo Jatmiko

Division Head Senior Vice President BNI, A. Firman Wibowo mengungkapkan nilai itu terdiri dari kiriman yang masuk ke Indonesia (incoming) sebesar 40 miliar dollar AD dan kiriman dari Indonesia ke luar negeri mencapai 44 miliar dollar AS.

"Nilai transfer yang masuk dan keluar hampir sama. Jika dana masuk kebanyakan dari para tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri, sebaliknya, dana yang keluar berasal dari para ekspatriat yang bekerja di Indonesia," ujarnya kepada Kompas.com, di sela-sela menerima penghargaan dari Alpha Southeast Asia, Kamis (23/1/2014).

Selain dari ekspatriat, dana yang keluar adalah dari para orang tua yang menyekolahkan anaknya ke luar negeri. Jumlah tersebut tak kalah banyak jika dibandingkan dana ekspatriat yang keluar.

Dari bisnis remitansi yang dijalankan, BNI berhasil meraup laba bersih Rp 226 miliar pada akhir 2013. Tahun ini, perolehan laba tersebut ditargetkan naik 20 persen, menyusul ekspansi yang akan dilakukan perseroan.

"Kami akan membuka kantor remitansi yang baru maupun menambah jumlah di negara yang sudah ada sebelumnya. Kantor remitansi yang baru akan kami buka adalah Korea Selatan, karena banyak tenaga kerja Indonesia yang bekerja di sana," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.