Proyeksi, Rupiah Masih Tertekan dalam Jangka Pendek

Kompas.com - 27/01/2014, 07:13 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah tahun ini diproyeksikan kembali bergerak menguat seiring perbaikan ekonomi makro Indonesia. Namun, dalam jangka pendek pelemahan rupiah masih membayangi, termasuk pada perdagangan awal pekan ini, Senin (27/1/2014). Ini mengikuti yang terjadi menjelang akhir pekan lalu.

Saat itu laju rupiah kembali melemah meski terbatas seiring terjadinya aksi jual asing di pasar saham. Pelaku pasar mulai mengantisipasinya lonjakan inflasi menyusul meluasnya bencana banjir yang dapat meluas ke berbagai wilayah sehingga menganggu produksi dan distribusi barang-barang.

Di sisi lain, komentar tambahan dari Bank Indonesia bahwa potensi inflasi bisa mendekati 1 persen serta imbas masih melemahnya sejumlah mata uang asia yang merespon pelemahan indeks manufaktur China sebelumnya turut menambah sentimen negatif.

Tetapi, pelemahan rupiah terbatas setelah laju dollar AS dapat terpatahkan oleh poundsterling yang menguat setelah pelaku pasar berbalik merespon positif langkah tetapnya Bank of Engkand rate untuk pemulihan ekonomi Inggris.

Tim riset Trust Securities menyatakan rupiah berada di atas support Rp 12.186 per dollar AS. Di awal pekan ini rupiah diproyeksikan bergerak di rentang level Rp 12.186-12.158 per dollar AS (kurs tengah BI).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.