Kompas.com - 27/01/2014, 13:11 WIB
Aktivitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium di salah satu SPBU milik Pertamina. 

KOMPAS/PRIYOMBODOAktivitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium di salah satu SPBU milik Pertamina.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) lewat anak usahanya PT Pertamina Retail akan menambah 20 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) pada tahun 2014 ini.

"2020 kita akan operasikan 1.000 SPBU. Tahun ini kita bangun, atau membeli atau akuisisi, ada juga kerjasama operasi (KSO) 20an di seluruh Indonesia," ungkap Direktur Utama Pertamina Retail, Toharso, ditemui di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (27/1/2014).

Saat ini, lanjut Toharso, Pertamina memiliki 186 SPBU dan SPBG, serta SPBT di seluruh Indonesia dengan kode 31 alias Company Owned Company Operated (Coco). Secara nasional, keseluruhan pom bensin yang ada di seluruh Indonesia ada sekitar 5.100 unit, yang terdiri dari Coco, KSO, maupun swasta atau Dealer Owned Dealer Operated (Dodo).

"Keunggulan Coco, kita punya standar tinggi, jaminan visi, dan kualitas pelayanan. Salah satunya ada red carpet," lanjut Toharso.

Red carpet adalah sebutan untuk blok merah di depan dispenser khusus untuk pengisian customer royal. Di sini, customer dilayani tanpa antrian. Selain ada red carpet, keunggulan Coco adalah sejumlah promo, misalnya gratis ganti oli setiap pembelian Pertamax Rp 200.000 selama 10 kali.

Lebih lanjut ia mengatakan, kemungkinan pula Pertamina akan membeli atau mengakuisi pom bensin swasta. Namun, Pertamina Retail tidak asal mengakuisisi atau kerjasama dengan swasta (KSO) Hanya pom bensin yang memiliki lokasi strategis yang akan dibeli atau diajak kerjasama.

"Jadi kita juga milih, kalau enggak bagus, ngapain diambil. Bagus enggaknya dari sales (minimal 40 KL). Sales dipengaruhi lokasi, lokasi, dan lokasi," sambung Toharso.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekadar informasi, saat ini sudah ada 9 pom bensin eks Petronas yang diakuisisi Pertamina Retail. "Semuanya saat ini beroperasi," lanjut Toharso.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.