Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Retail Targetkan 1.000 SPBU

Kompas.com - 27/01/2014, 13:11 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) lewat anak usahanya PT Pertamina Retail akan menambah 20 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) pada tahun 2014 ini.

"2020 kita akan operasikan 1.000 SPBU. Tahun ini kita bangun, atau membeli atau akuisisi, ada juga kerjasama operasi (KSO) 20an di seluruh Indonesia," ungkap Direktur Utama Pertamina Retail, Toharso, ditemui di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (27/1/2014).

Saat ini, lanjut Toharso, Pertamina memiliki 186 SPBU dan SPBG, serta SPBT di seluruh Indonesia dengan kode 31 alias Company Owned Company Operated (Coco). Secara nasional, keseluruhan pom bensin yang ada di seluruh Indonesia ada sekitar 5.100 unit, yang terdiri dari Coco, KSO, maupun swasta atau Dealer Owned Dealer Operated (Dodo).

"Keunggulan Coco, kita punya standar tinggi, jaminan visi, dan kualitas pelayanan. Salah satunya ada red carpet," lanjut Toharso.

Red carpet adalah sebutan untuk blok merah di depan dispenser khusus untuk pengisian customer royal. Di sini, customer dilayani tanpa antrian. Selain ada red carpet, keunggulan Coco adalah sejumlah promo, misalnya gratis ganti oli setiap pembelian Pertamax Rp 200.000 selama 10 kali.

Lebih lanjut ia mengatakan, kemungkinan pula Pertamina akan membeli atau mengakuisi pom bensin swasta. Namun, Pertamina Retail tidak asal mengakuisisi atau kerjasama dengan swasta (KSO) Hanya pom bensin yang memiliki lokasi strategis yang akan dibeli atau diajak kerjasama.

"Jadi kita juga milih, kalau enggak bagus, ngapain diambil. Bagus enggaknya dari sales (minimal 40 KL). Sales dipengaruhi lokasi, lokasi, dan lokasi," sambung Toharso.

Sekadar informasi, saat ini sudah ada 9 pom bensin eks Petronas yang diakuisisi Pertamina Retail. "Semuanya saat ini beroperasi," lanjut Toharso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com