Kompas.com - 29/01/2014, 10:39 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun politik dinilai sebagai momen yang bagus untuk berinvestasi, khususnya di saham. Digelarnya pemilihan umum tahun ini justru berdampak positif terhadap pasar saham.

Manajer Portofolio Ekuitas Schroders Indonesia Irwanti mengatakan, secara analisis historikal tahun politik tidak akan berdampak kepada pasar saham. Ia optimistis pesta demokrasi tahun ini akan aman-aman saja.

"Bahkan mungkin kalau misalnya ada salah satu kandidat yang memang sudah menjadi favorit bagi semuanya itu sesuai dengan ekspektasi market. Market kita akan mengalami eforia, kenaikan. Kalau tidak (ada) ya lihat lagi siapa kandidat keduanya, tapi kita monitor terus," kata Irwanti di Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Lebih lanjut, Irwanti menjelaskan jika dilihat secara historis pemilu akan berdampak pada kenaikan saham hingga 6 bulan setelahnya. Di samping itu, ia menilai masyarakat Indonesia saat ini telah pandai menilai dan memilih kandidat yang tepat.

Selain pemilu, faktor lain yang harus diantisipasi tahun ini adalah kondisi di China. Sebagaimana diketahui, pelemahan yang terjadi membuat China tidak akan kembali menembus pertumbuhan ekonomi 10 persen dan hanya mampu bertengger di 7,7 persen.

"Ekonomi kita sangat terkait dengan China. Selama ini ekspor kita banyak ke China. Tahun lalu yang turun negara-negara emerging markets, yang naik Jepang, Korea, AS. Makanya Indonesia tahun lalu tidak terlalu bagus. Memang kita sangat terkait dengan pertumbuhan ekonomi di China. Sayangnya China ekonominya melemah, jadi kita harus lihat," ujarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.