Kompas.com - 29/01/2014, 15:36 WIB
Menteri Pertanian Suswono KOMPAS.COM/Sandro GatraMenteri Pertanian Suswono
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian, Suswono, menegaskan pihaknya tidak pernah memberikan rekomendasi kepada Kementerian Perdagangan untuk mengimpor beras dari Vietnam.

"Saya sudah minta data dari dirjen pengolahan dan pemasaran hasil pertanian. Tidak pernah memberikan izin atau rekomendasi kepada kementerian perdagangan," ujar Suswono di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jakarta, Selasa (29/1/2014).

Suswono juga menegaskan beras dari Vietnam tersebut bukanlah beras jenis khusus dimana izin impornya berasal dari lintas kementerian. Adapun yang berhak mengimpor adalah Bulog.

"Kalau beras yang beredar tadi di pasar, tentu saja itu adalah beras bukan khusus. Itu hanya Bulog yang berhak mengimporm akan impor lkalau sudha ada penetapan kor. Kalau ada beras di luar beras khusus beredar di pasar, itu tidak dibenarkan. Kami sudah siapkan surat minta klarifikasi ke kementerian perdagangan bagaimana bisa ini terjadi. Ini harus diusut tuntas siapa yang melakukan ini," terang Suswono.

Sekedar informasi, dalam beberapa hari terakhor, beras ilegal asal Vietnam masuk ke Indonesia. Pemerintah pun mengaku tidak pernah ada izin membuka keran impor terutama untuk komoditi beras. (Eri Komar Sinaga)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.