Kompas.com - 03/02/2014, 13:08 WIB
Ilustrasi KONTAN/AHMAD FAUZIEIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa-masa pelemahan rupiah atas dollar AS diprediksi akan berakhir akhir tahun 2014 ini. Pemilihan umum yang akan digelar tahun ini menjadi faktor yang mendorong penguatan rupiah.

Ekonom Bank Standard Chartered Indonesia Fauzi Ichsan mengatakan, rupiah akan menguat pada kuartal IV 2014 pasca pemilihan umum. Adapun pada semester I 2014 rupiah akan melemah karena beberapa faktor.

"Kita melihat di semester I 2014 rupiah bisa melemah ke Rp 12.500 per dollar AS karena beberapa isu, misalnya tapering quantitative easing di AS, lalu fakta defisit transaksi berjalan Indonesia masih besar dan juga ada pemilu di bulan April dan pemilu Presiden di Juli," kata Fauzi di Hotel Four Seasons Jakarta, Senin (3/2/2014).

Fauzi memprediksi defisit transaksi berjalan Indonesia akan mulai mengecil pada semester II 2014. Tahun ini defisit diperkirakan mencapai 27 miliar dollar AS dibandingkan 32 miliar dollar AS tahun lalu. Di samping itu, kekhawatiran dan kepanikan baru terkait berakhirnya stimulus moneter oleh The Fed juga tidak ada lagi.

"Semua faktor-faktor berakhirnya quantitative easing sudah di-price in. Terbentuknya kabinet baru di Oktober nanti kita perkirakan akan ada euforia baru mengenai Indonesia dan diharapkan rupiah menguat ke arah Rp 11.400. Kalau di semeter 1 2014 rupiah bisa melemah ke arah Rp 12.500, semester II 2014 rupiah menguat ke Rp 11.400," ujar dia.

Lebih lanjut, Fauzi menjelaskan defisit transaksi berjalan masih menjadi fokus yang harus diperhatikan dalam melihat pergerakan rupiah. Selama defisit belum ditangani dengan baik, maka rupiah akan sulit merangkak menuju titik penguatan.

"Masih harus dilihat defisit transaksi berjalan Indonesia. Selama defisit masih besar, sulit berharap rupiah menguat. Ini sama seperti negara-negara yang mengalami defisit transaksi berjalan yang besar seperti Brazil, Turki, Afrika Selatan, India, dan tentu saja Indonesia," jelas dia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.