Kompas.com - 04/02/2014, 16:38 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Karyawan PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) tetap bekerja seperti hari-hari biasanya selama belum menerima gaji. Bedanya, mereka bekerja dengan sistem bergilir satu minggu bekerja dan satu minggu libur.

"Kami tetap beraktivitas. Kami jadwal bergilir. Satu minggu kerja, satu minggu off, semua level," kata Juru Bicara MNA di kantor Merpati, Riswanto, Jakarta, Selasa (4/2/2014).

Dia memaparkan, level direksi tetap masuk kerja setiap hari. Sementara itu, dari tingkat pejabat struktural ke bawah, jam kerjanya akan digilir seperti karyawan lainnya. Meski hanya efektif bekerja dua minggu dalam sebulan, para karyawan Merpati nantinya tetap akan digaji penuh sebulan. Cara ini, kata Riswanto, akan meringankan beban karyawan pergi ke kantor.

"Kami memahami para karyawan diberi giliran. Kalau berangkat, kerja 1 minggu, 1 minggu off. Ini meringankan beban karyawan pergi ke kantor," ujar Riswanto.

Sementara itu, ditemui di ruangannya, Sekjen Forum Pegawai Merpati (FPM) Ery Wardhana mengatakan, karyawan Merpati juga akan menimbang jika akan mengundurkan diri, meski tahu kondisi Merpati sedang sekarat.

"Tapi, mungkin pilot atau pramugari ada yang mengundurkan diri karena mereka yang punya license dan bisa langsung diserap. Tapi, kalau karyawan, mikir-mikir dia," ujarnya.

Ia menjelaskan, jika karyawan mengundurkan diri, mereka hanya menerima pesangon sebanyak tiga kali gaji. Sementara jika dipecat, sesuai dengan UU 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, karyawan yang bersangkutan bisa memperoleh pesangon hingga maksimal 60 kali gaji, tergantung masa kerja. "Mungkin itu juga yang jadi pertimbangan, mereka bertahan," pungkas Ery.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.