Gita Wirjawan Ingin Masyarakat Gunakan HP Made in Indonesia

Kompas.com - 05/02/2014, 09:32 WIB
Gita Wirjawan “selfie” bersama pedagang di Palangkaraya.JPG Kompas.com/Ananda Eka PutraGita Wirjawan “selfie” bersama pedagang di Palangkaraya.JPG
|
EditorErlangga Djumena

BANDUNG, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan optimistis bisa memenangkan konvensi calon presiden (capres) Partai Demokrat. Jika terpilih menjadi presiden, ia ingin Indonesia memproduksi handphone atau ponsel genggam buatan sendiri.

"Di sini ada enggak yang gunakan handphone buatan Indonesia? Kalau saya jadi Presiden, begitu press conference semua pakai handphone dalam negeri," ujar Gita kepada wartawan di Bandung, Jawa Barat, Selasa (4/2/2014).

Menurut Gita, produksi dalam negeri bisa meningkatkan perekonomian rakyat. Ia yakin handphone yang saat ini beredar di pasaran bisa dibuat oleh mahasiswa Indonesia salah satunya dari Institut Teknologi Bandung (ITB) atau Politeknik Bandung.

"Ada teman-teman ITB, Politeknik Bandung, saya yakin mereka bisa buat. HP yang diimpor dari luar semestinya bisa dibuat oleh kita," katanya.

Seperti kandidat capres lainnya, Gita kini mulai menyampaikan visi dan misinya pada masyarakat. Untuk wilayah Bandung, Gita mengatakan ingin meningkatkan pembangunan infrastruktur di selatan Jawa Barat seperti membangun pelabuhan. Pelabuhan tersebut nantinya akan menghubungkan Jawa Barat dengan daerah lainnya.

"Insya Allah jika saya jadi presiden, itu salah satu yang saya prioritaskan, ada pelabuhan besar dan juga tentunya konektivitas," ujarnya.

Di samping itu, Ia ingin meningkatkan sektor pertanian dengan menyelesaikan Undang-undang agraria.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gita merupakan satu dari 11 kandidat Konvensi Demokrat. Konvensi tersebut telah menyelesaikan babak wawancara dengan media. Kemudian saat ini para kandidat diberi waktu kampanye dan digelar debat antarkandidat. Terakhir akan dilakukan survei sebelum ditentukan pemenang untuk diusung menjadi calon presiden dari Partai Demokrat.

Untuk fokus menjadi capres, Gita pun mundur dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan. Saat ini Gita masih menjabat hingga presiden Susilo Bambang Yudhoyono menentukan pengganti definitif.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.