Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuisisi Axis, XL Yakin Kinerja Akan Terdongkrak

Kompas.com - 05/02/2014, 13:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk (EXCL) yakin kinerja perseroan akan membaik seiring dengan akuisisi perseroan dengan PT Axis Telekom Indonesia (AXIS). Rencana ini akan menghemat belanja modal dan membuat perseroan mencapai laba bersih.

"Kami yakin akan mencapai laba bersih dalam 5 tahun ke depan, akuisisi ini akan bagus. Untuk tahun ini saja kami bisa capai pertumbuhan pendapatan," ujar Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi, di Jakarta, Rabu (5/2/2014).

Hasnul menuturkan, dengan akuisisi ini maka akan meringankan biaya operasional dan belanja modal XL. Selisih dari berkurangnya dana capex dapat digunakan perseroan untuk mengurangi utang.

"Makanya beban operasional berkurang dengan rencana akuisisi dan merger kami," katanya.

Apalagi menurut riset independen yang menjadi bahan rujukan XL, AXIS akan memperoleh laba bersih pada 1 hingga 3 tahun mendatang. Sehingga, pilihan mengakuisisi Axis pun dinilai tepat.

"Menurut riset kami, Axis akan untung pada jangka pendek menengah, dan akan memberikan kontribusi kepada XL sebagai pemegang saham mayoritas," katanya.

Seperti diketahui XL akan segera melakukan akuisisi kepada AXIS sekira 865 juta dollar AS. Dengan aksi ini maka XL akan memiliki 92 persen saham AXIS.

Untuk membiayai transaksi ini XL akan menggunakan kombinasi pinjaman yaitu dari pemegang saham Axiata sekira 500 juta dollar AS (58 persen) dan pinjaman dari institusi finansial sekira 365 juta dollar AS (42 persen). (Arif Wicaksono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com