Kompas.com - 05/02/2014, 13:34 WIB
Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi Aditya Panji/KompasTeknoPresiden Direktur XL Hasnul Suhaimi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk (EXCL) yakin kinerja perseroan akan membaik seiring dengan akuisisi perseroan dengan PT Axis Telekom Indonesia (AXIS). Rencana ini akan menghemat belanja modal dan membuat perseroan mencapai laba bersih.

"Kami yakin akan mencapai laba bersih dalam 5 tahun ke depan, akuisisi ini akan bagus. Untuk tahun ini saja kami bisa capai pertumbuhan pendapatan," ujar Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi, di Jakarta, Rabu (5/2/2014).

Hasnul menuturkan, dengan akuisisi ini maka akan meringankan biaya operasional dan belanja modal XL. Selisih dari berkurangnya dana capex dapat digunakan perseroan untuk mengurangi utang.

"Makanya beban operasional berkurang dengan rencana akuisisi dan merger kami," katanya.

Apalagi menurut riset independen yang menjadi bahan rujukan XL, AXIS akan memperoleh laba bersih pada 1 hingga 3 tahun mendatang. Sehingga, pilihan mengakuisisi Axis pun dinilai tepat.

"Menurut riset kami, Axis akan untung pada jangka pendek menengah, dan akan memberikan kontribusi kepada XL sebagai pemegang saham mayoritas," katanya.

Seperti diketahui XL akan segera melakukan akuisisi kepada AXIS sekira 865 juta dollar AS. Dengan aksi ini maka XL akan memiliki 92 persen saham AXIS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk membiayai transaksi ini XL akan menggunakan kombinasi pinjaman yaitu dari pemegang saham Axiata sekira 500 juta dollar AS (58 persen) dan pinjaman dari institusi finansial sekira 365 juta dollar AS (42 persen). (Arif Wicaksono)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.