Kompas.com - 05/02/2014, 19:52 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga kontrak emas yng diperdagangkan di London pagi hari (5/2/2014) waktu setempat mencatatkan kenaikan.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 09.57 waktu London, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat naik 0,2 persen menjadi 1.257,27 dollar AS per troy ounce.

Sementara, harga kontrak emas untuk pengantaran April naik 0,5 persen menjadi 1.257 dollar AS per troy ounce di Comex, New York.

Kenaikan harga emas dipicu oleh sejumlah faktor. Salah satunya adalah kecemasan investor bahwa proses pemulihan ekonomi global terhenti.

"Kami memprediksi harga emas masih akan terangkat selama terjadi risk aversion di pasar global," jelas Abhisehek Chinchalkar, analis AnandRathi Commodities Ltd.

Dia menambahkan, pergerakan harga emas masih akan sangat sensitif terhadap data ekonomi AS. "Di sisi lain, permintaan emas masih rendah karena musim libur tahun baru Imlek di China," paparnya.

Catatan saja, sepanjang tahun lalu, harga emas anjlok 28 persen setelah the Federal Reserve mengumumkan untuk memangkas stimulus. (Barratut Taqiyyah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.