Pemerintah Siapkan Rp 200 Miliar untuk Petani yang Kebanjiran

Kompas.com - 06/02/2014, 14:48 WIB
Ilustrasi: anak-anak bermain di pematang sawah di antara areal persawahan yang puso akibat banjir KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSOIlustrasi: anak-anak bermain di pematang sawah di antara areal persawahan yang puso akibat banjir
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 200 miliar untuk mengganti tanaman-tanaman petani yang terkena puso akibat banjir.

Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan, pengertian puso adalah tanaman padi yang siap panen, lalu diterjang banjir.

Adapun yang tidak tergolong terdampak puso adalah tanaman padi yang memang baru berumur kurang dari lima minggu dengan ketinggian 10-20 sentimeter.

"Yang puso tentu cara penggantianya berbeda. Kita sedang menyiapkan dana Rp 200 miliar untuk ganti sebagai kompensasi petani supaya bisa menanam lagi," kata dia di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Rusman memaparkan, dari 400.000 hektar lahan pertanian, 250 hektar di antaranya ada di Pulau Jawa. Sedangkan, Kementerian Pertanian mencatat ada 40 ribu hektar lahan pertanian yang terdampak banjir.

Tanaman yang tergolong dampak puso adalah yang mengalami kerusakan 75 persen. Rusman menuturkan, padi yang tinggal seminggu lagi bisa dipanen, akan diganti. "Kalau di luar itu tidak dianggap ada penggantian," terang Rusman.

Saat ini pemerintah telah menyiapkan benih padi cadangan untuk mengganti puso. Rusman pun mengatakan, pihaknya telah meminta petugas di dinas pertanian di daerah untuk stanby jika ada permintaan benih dari petani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sekarang malah kita yang menunggu kesiapan mereka (petani) untuk menanam kembali," pungkas dia. Sekadar informasi, pada sekitar bulan Maret-April curah hujan sudah mulai berkurang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.