Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Jalan Rusak Akibat Banjir, Rapat Pemerintah Tak Cukup Sehari

Kompas.com - 06/02/2014, 20:53 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di tanah air berdampak pada kerusakan infrastruktur seperti jalan. Merespon kondisi tersebut, pemerintah menggelar rapat untuk penanganan infrastruktur pasca-banjir.

Setelah rapat lebih dari tiga jam, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pembahasan tentang infrastruktur masih akan dibahas lagi dalam rapat kabinet bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Besok kita bahas," jawab Hatta singkat, ditemui usai rapat di Kantornya, Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Hatta mengatakan, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto sudah memberikan paparan mengenai kondisi infrastruktur jalan yang terdampak banjir. Namun, ia mengatakan dalam rapat tersebut belum diketahui berapa anggaran yang diperlukan untuk perbaikan jalan.

"Itu persiapan untuk rapat kabinet. Karena instruksi Presiden, setelah rapat, perbaiki semua jalan sesegera mungkin," terang Hatta.

Ia menyebutkan, kerusakan jalan terparah tak hanya di Pantura Jawa, tapi juga di Manado dan lintas timur Sumatera. Sementara itu, ketika ditanya apakah sepanjang 2013 lalu Kementerian PU tidak melakukan pemeliharaan jalan secara optimal, Hatta enggan memberikan tanggapan. Senada dengan Hatta, Djoko Kirmanto mengatakan, soal infrastruktur akan dibahas bersama SBY.

"Enggak ngomong apa-apa, karena infrastruktur baru dibahas besok dengan Presiden," ujarnya.

Ia hanya menjelaskan bahwa dalam rapat tadi, pemerintah baru menginventarisasi jalan-jalan yang rusak, berikut kebutuhan anggaran di tiap ruas jalan yang rusak. "Baru diintenvarisir, per jalan, per kilometer, tapi belum dijumlah," pungkas Djoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com