Kompas.com - 06/02/2014, 21:10 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan saja sebagai sarana mempersiapkan masa depan, investasi juga dilirik lantaran memberikan untung yang menarik. Banyak kalangan muda yang tertarik melakukan investasi dalam berbagai instrumen, akan tetapi sejumlah pertimbangan dan alasan masih membayangi mereka.

Tebe (23), seorang karyawan swasta mengaku tertarik berinvestasi karena tergiur keuntungan yang ditawarkan. Namun demikian, ia mengaku masih melakukan riset terlebih dahulu tentang berbagai instrumen investasi, salah satunya saham.

"Sekarang lagi belajar tentang pasar saham karena menarik. High risk, high return yang membuat gue tertarik. Keuntungan sih ujung-ujungnya," kata Tebe kepada Kompas.com, Kamis (6/2/2014).

Lain lagi dengan Ibnu (23). Ia mengaku pada dasarnya tertarik dengan investasi. "Sebenarnya tertarik sama reksadana sih, tapi masih belum mengerti. Bagi gue yang masih awam tentang investasi, masih ngeri untuk investasi di reksadana atau saham. Kok menurut gue investasi emas lebih aman ya?" ujarnya.

Perencana Keuangan Aidil Akbar menjelaskan pada dasarnya investasi adalah untuk jangka panjang. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, kaum muda harus terlebih dahulu memahami dan tahu betul alasan apa yang mendasari investasi.

"Jadi diajarkanlah anak-anak ini bahwa "Oke, saya berinvestasi untuk misalnya 5 tahun lagi saya mau married, mau punya apartemen sebelum married." Jadi tujuannya ada," kata Aidil ketika dihubungi Kompas.com.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.