Kompas.com - 06/02/2014, 21:27 WIB
Ilustrasi reksa dana Josephus PrimusIlustrasi reksa dana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Investasi pada dasarnya adalah mempersiapkan dana yang cukup untuk masa depan. Idealnya investasi dilakukan saat seseorang telah mampu mengatur keuangannya.

Kalangan muda saat ini banyak yang telah menyentuh investasi baik untuk jangka pendek maupun panjang. Lidya (23), mengenal investasi lantaran kedua orang tuanya melakukan investasi di beberapa instrumen. Mereka diakuinya "bermain" properti sebagai instrumen investasi.

"Aku ada investasi reksadana, deposito, dan properti. Tapi kalau properti ikut-ikut mama dan papa yang dari dulu main properti," kata Lidya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (6/2/2014).

Perempuan muda ini mengaku telah memulai investasi sejak tahun 2010. Namun demikian, secara pribadi dirinya lebih memilih menanamkan dananya di deposito dan reksadana karena faktor keamanan dan tidak se"seram" berinvestasi di saham.

Hingga saat ini, Lidya mengaku belum pernah mengalami rugi selama berinvestasi. Akan tetapi, manfaat investasi dirasakannya secara langsung. Ia dapat menabung dari hasil keuntungan investasi untuk masa depannya.

Dengan berinvestasi di reksadana, ia mengaku ada manfaat tersendiri yang diperolehnya. "Kan enaknya reksadana gitu, ada yang memantau. Ada yang ngasih saran terus. Main reksadana seru, berasa banget untungnya," kata dia.

Untuk kalangan muda seperti dirinya, Lidya memberikan saran agar ada bagian yang disisihkan dari sekecil apapun gaji yang diterima. Dana hasil sisihan pendapatan tersebut sebaiknya tidak diganggu gugat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Buat yang sudah punya gaji, potong gaji kalian 20 persen buat investasi apapun bentuknya. Mau nyicil beli emas kek, apapun. Yang penting 20 persen itu wajib enggak boleh diapa-apain. Lebih baik sedikit daripada enggak sama sekali," ungkapnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.